Rabu, 25 Januari 2012

Menulis Sebagai Proses Kreatif


Menulis merupakan suatu proses kreatif yang banyak melibatkan cara berpikir divergen (menyebar) daripada konvergen (memusat) (Supriadi,1997). Sebagai proses kreatif yang berlangsung secara kogniif, penulisan karya ilmiah dan penyusunan tulisan ilmiah memuat 4 tahap, yaitu :
1)      Tahap Persiapan (Prapenulisan)
Ketika seseorang merencanakan, menyiapkan diri, mengumpulkan dan mencari informasi, merumuskan masalah, menentukan  arah dan fokus tulisan, mengolah informasi, menarik tafsiran dan inferensi terhadap realitas yang akan dihadapinya, berdiskusi, membaca, mengamati, melakukan survei dan lain lain yang akan memperkaya masukan kognitifnya untuk diproses pada tahap selanjutnya.

2)      Tahap Inkubasi
Ketika seseorang memproses informasi yang telah dimilikinya sedemikian rupa, sehingga mengantarkannya pada ditemukannya pemecahan masalah, jalan keluar/solusi yang dicarinya.

3)      Tahap Iluminasi / Inspirasi
Ketika datangnya inspirasi atau insight, yaitu gagasan datang seakan datang tiba-tiba dan berloncatan dari pikiran kita. Iluminasi tidak mengenal waktu dan tempat.

4)      Tahap Verifikasi / Evaluasi
Apa yang dituliskan sebagai hasil dari tahap iluminasi itu diperiksa kembali, diseleksi dan disusun sesuai dengan fokus laporan/tulisan yang diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar